Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

Minggu, 19 Maret 2017 – Renungan Pagi

Sudah 803 kali dilihat

HARI MINGGU IV PRAPASKAH
MINGGU, 19 MARET 2017
Renungan Pagi
KJ. 309: 1-2-Berdoa
MELAWAN DIA? BINASA!

Yosua 10:1-11

Berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: “Janganlah takut kepada mereka, sebab Aku menyerahkan mereka kepadamu. ….. .. (ay. 8)
Seringkali pengumuman penerimaan pegawai atau tender tertentu terbatas waktunya. Karena itu banyak orang yang menginginkan pekerjaan, tidak mendapatkannya karena terlambat. Ada yang mengakali dengan terlebih dahulu mempersiapkan persyaratan. Sayangnya, persyaratan tak selalu Iengkap. Ada yang mendekati bagian personalia untuk dapat informasi. Siapa yang duluan dengan syarat yang lengkap dialah pemenangnya. Benarlah kalau dikatakan, “siapa yang menguasai informasi dialah rajanya”.
Penduduk Gibeon telah mendengar tentang kehebatan Yosua dan pasukannya yang mengalahkan banyak kota dan membunuh penduduknya termasuk kota Ai. Walaupun Gibeon lebih hebat dari Ai namun mereka tak mau ambil risiko. Mereka menghadap Yosua dan memohon agar mengikat persahabatan. Mereka bersedia menjadi tukang belah kayu dan tukang timba air, asal tetap dibiarkan hidup.
Mereka sudah mendengar bahwa Tuhan memerintahkan Yosua menguasai seluruh negeri. Sehingga ketika raja dan penduduk Gibeon mendengar raja-raja di daerah pegunungan akan menyerang, mereka segera meminta perlindungan. Yosua bersedia membantu dengan mengerahkan tentara untuk melindungi. Benarlah kalau dikatakan, “Tuhan memberkati usaha yang kita lakukan”. Kalau kita berusaha maka Tuhan memberkati dan kalau kita tidak berusaha apa yang kita harapkan untuk diberkati-Nya? Tetapi bukan sembarang usaha, harus sesuai kehendak-Nya dan harus berusaha di dalam Tuhan. Artinya, kita mengandalkan Tuhan. Raja Gibeon datang kepada Yosua karena mengetahui Yosua dipakai Tuhan. Kalau kita datang kepada Tuhan pasti ditolong.
Hidup di dunia banyak persoalan. Banyak si jahat berkeliaran. Mari minta hikmat Tuhan agar dapat mengetahui kalau ada yang hendak membinasakan kita, kita datang kepada Dia dan terus berjuang mendapatkan pengasihan-Nya. Pastilah Dia menolong kita. Janganlah seperti raja Yerusalem yang mengajak raja-raja di sekitarnya untuk melawan Gibeon, sehingga mereka berhadapan dengan Yosua yang mengandalkan Tuhan dan perjuangannya. Apa yang mereka alami? Binasa, hancur. Jadi, mau melawan Tuhan? Binasa dan hancur. Jadi, baiklah bergabung dan merapat dengan Tuhan agar selamat.

KJ. 309: 3,4
Doa : (Tolong kami dengan Roh Kudus untuk tidak mengambil tindakan apapun tanpa sepengetahuan Allah agar kami beroleh kemenangan-Mu)

No Response to “Minggu, 19 Maret 2017 – Renungan Pagi”

Comments are closed.

Event Yang Akan Datang

lihat semua event yang akan datang

Jumlah Pengunjung

Users online class errors:
  • Unable to record new visitor
  • Unable to delete visitors
May 2021
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31