Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

Jumat, 1 September 2017 – Renungan Malam

Sudah 732 kali dilihat

MINGGU XII SES. PENTAKOSTA
JUMAT, 1 SEPTEMBER 2017
Renungan Malam
GB.116: 1-Berdoa
MENEPATI JANJI

Yosua 9:16-27
Berkatalah pemimpin-pemimpin itu kepada seluruh umat: “Kami telah bersumpah kepada mereka demi TUHAN, Allah Israel. Oleh sebab itu kita tidak dapat mengusik mereka. (ay.19)

Setelah 3 hari berlalu, orang Israel mendengar bahwa orang-orang Gibeon yang telah mengikat perjanjian persahabatan dengan mereka bukanlah orang-orang yang sedang mengadakan perjalanan jauh. Mereka adalah orang-orang yang tinggal dekat, bahkan diam di tengah-tengah mereka. Orang Israel merasa telah ditipu oleh orang-orang Gibeon. Namun, orang Israel tidak bisa membinasakan mereka, karena para pemimpin Israel telah bersumpah demi Tuhan untuk membiarkan mereka hidup. Sebagai hukuman atas apa yang dilakukan oleh orang Gibeon, Yosua menjadikan mereka tukang kayu dan tukang timba air bagi orang Israel dan untuk mezbah Allah.

Sebetulnya, mereka dapat saja membatalkan perjanjian tersebut, sebab perjanjian mereka itu didasarkan pada kebohongan orang Gibeon. Namun, mereka tidak mau melakukannya, sebab sumpah yang telah diucapkan demi Tuhan Allah Israel. Jika dilanggar, mereka takut bertimpa murka. Mereka tetap konsisten dengan apa yang telah diucapkan. Yosua, para pemimpin Israel dan seluruh orang Israel tetap menepati janji atau sumpah yang telah dibuat atas orang-orang Gibeon.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), janji adalah ucapan yang menyatakan kesediaan dan kesanggupan untuk berbuat (seperti hendak memberi, menolong, datang, bertemu). Kenyataan dunia sering mempertontonkan pengingkaran akan janji; tidak sedikit juga dilakukan oleh orang Kristen. Mereka dengan mudah mengingkari janji, seperti janji pada saat peneguhan sidi, pada saat perkawinan, atau pada saat diteguhkan sebagai pelayan Tuhan (Diaken/Penatua/Pelayan/Pengurus Pelkat). Namun, Firman Tuhan hari ini mengajak kita untuk tetap setia kepada janji yang telah diucapkan, sebab sesungguhnya kualitas diri kita salah satunya terletak pada konsistensi diri menepati janji yang telah kita ucapkan.

GB.116 : 2
Doa : (Bapa, tolonglah kami untuk tetap setia menepatijanji yang kami telah ucapkan)

No Response to “Jumat, 1 September 2017 – Renungan Malam”

Comments are closed.

Event Yang Akan Datang

lihat semua event yang akan datang

Jumlah Pengunjung

Users online class errors:
  • Unable to record new visitor
  • Unable to delete visitors
May 2021
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31