Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

Getsemani

Sudah 1106 kali dilihat

Getsemani

Getsemani (bahasa Aramnya adalah gat semen = perasan minyak) adalah nama sebuah bukit, tempat di mana Yesus berdoa dalam suatu pergumulan yang berat. Letaknya di timur Yerusalem, seberang lembah Kidron dekat Bukit Zaitun (Mat. 26:30).

Getsemani adalah tempat yang disenangi Yesus dan murid-murid-Nya sebagai peristirahatan, dan kemudian menjadi panggung kesengsaraan, pengkhianatan Yudas, dan penangkapan Yesus (Mrk. 14:35-52).

Sikap Kristus di Getsemani (Luk. 22:41) memelopori kebiasaan orang Kristen untuk berlutut bila berdoa, mengingat orang Yahudi biasanya berdoa dengan berdiri dan menengadahkan kedua tangannya ke atas.

Di bagian depan gereja terdapat pilar-pilar yang di bagian atasnya dibangun patung empat penulis Injil yang masing-masing memegang kitab. Pada pedimen terdapat ilustrasi yang indah menggambarkan Tuhan Yesus berdoa kepada Allah Bapa saat menjelang penderitaan yang akan dijalani-Nya demi menebus umat manusia dari dosa.

Di samping gereja ini terdapat sebuah taman yang disebut sebagai Taman Getsemani, tempat yang biasa digunakan oleh Tuhan Yesus untuk berdoa dan terletak di kaki Bukit Zaitun. Di masa kini, taman tersebut tetap terlihat seperti di masa abad ke-12 yang lalu, bahkan sekalipun kota Yerusalem mengalami peperangan, dihancurkan hingga dibangun kembali namun keadaan taman ini tetap seperti pada waktu Yesus melayani di dunia, mungkin dengan pohon-pohon zaitun yang sama pula. Di taman ini terdapat delapan pohon zaitun yang sangat tua dan tidak dapat dipastikan lagi umurnya. Beberapa ahli botani menyatakan bahwa usia dari pohon-pohon ini mungkin sekitar 3000 tahun. Dipercaya, bahwa pohon-pohon zaitun tersebut merupakan ‘saksi bisu’ saat Yesus merenung, berdoa kepada Bapa, hingga akhirnya ditangkap.

Getsemani memberi pelajaran berharga tentang kekuatan doa ketika berhadapan dengan rekayasa kejahatan yang didasari kebencian. Ketika benci menjadi jalan keluar dari kepribadian yang tidak matang dan kekanak-kanakan. Ketika benci menjadi pilihan yang dianggap tepat. Jawaban untuk semua itu adalah berdoa dengan sungguh-sungguh sepert yang diperlihatkan Yesus.

Getsemani menjadi kekuatan bagi setiap kita bahwa saat pergumulan mendera, dan kita tidak memiliki kekuatan menghadapinya, berdoalah seperti yang ditelandakan Yesus. Doa orang benar tidak pernah sia-sia, tetapi rencana jahat pasti dikalahkan.

Selamat Hari Paskah

No Response to “Getsemani”

Comments are closed.

Event Yang Akan Datang

lihat semua event yang akan datang

Jumlah Pengunjung

Users online class errors:
  • Unable to record new visitor
  • Unable to delete visitors
May 2021
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31