Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

Pesan Majelis Sinode GPIB HUT Ke-58 Pelkat PA

Date: September 22, 2017 Speaker:



PESAN MAJELIS SINODE GPIB
DALAM RANGKA HUT KE-58 PELKAT PELKAT PELAYANAN ANAK GPIB
6 SEPTEMBER 2017

Mensyukuri anugerah penyertaan Tuhan selama 58 tahun bagi PELKAT PELAYANAN ANAK GPIB, mari merenungkan sejenak makna keberadaan anak-anak bagi kita:

*    Bagaimana perasaan jemaat saat melihat anak batita menyanyi dengan kata-kata yang mungkin belum diucapkan dengan jelas sambil menggerakkan tubuhnya yang mungil mengikuti irama? … Tentu senyum dan tawa segera menghiasi wajah kita menandakan hati kita penuh dengan sukacita.
   Bagaimana perasaan orang tua saat lelah pulang bekerja, disambut dengan ceria oleh anaknya yang berlari dan memeluk erat dengan tangan kecil mereka? … Rasanya sorakan dan pelukan mereka sanggup memulihkan tubuh dan memberi kekuatan baru untuk menggendong mereka.
   Tidak jarang pula orang dewasa dibuat tertegun dan merenung karena anak yang sudah memasuki usia sekolah mengingatkan kita untuk melakukan yang benar bahkan mampu menghibur saat kita bersusah hati.

 

Jika kita merenungkan keberadaan anak-anak, sungguh ternyata kasih dan penyertaan Tuhan yang besar dapat kita rasakan melalui suara, tangan-tangan kecil, tindakan-tindakan sederhana yang mereka lakukan. Melalui tema tahun 2017/2018 Pelkat PA GPIB yaitu “Anak GPIB aktif mewujudkan Kasih Tuhan kepada sesama dan alam” hendak mendorong gereja agar menciptakan ruang bagi anak untuk mengalami sukacita memuliakan Tuhan melalui karya dan kesempatan melayani Tuhan dan sesama. Sub Tema: “Diriku Memuliakan Tuhan” hendak menguatkan anak bahwa sekalipun dirinya masih kecil namun Tuhan berkenan bekerja bersama, didalam, dan melaluinya untuk melakukan hal-hal yang mendatangkan sukacita besar bagi sesama dan bagi kemuliaan Tuhan.
Tantangan yang dihadapi adalah, dapatkah anak-anak kecil ini memuliakan Tuhan jika kondisi di sekitar mereka kurang mendukung? Tidak jarang terjadi :

 

  • Telinga kecil mereka harus mendengarkan teriakan kata-kata kasar kita;
  • Cerita atau pendapat dari mulut kecil mereka tidak benar-benar kita simak;
  • Mata kecil mereka tidak kita lindungi dari hal-hal yang tidak pantas mereka lihat;
  • Tangan kecil mereka kita remas atau tarik terlalu kuat saat kita kesal bercampur lelah;
  • Bahkan isi hati kecil mereka tidak benar-benar kita coba selami dan pahami, melainkan.
  • Kita menasihati panjang lebar yang terkadang sebenarnya itu hanya pembelaan diri atas kekurangan kita.

 

Dapatkah mereka sungguh mengenal cinta kasih Tuhan melalui kita sehingga mereka memuliakan Tuhan?  Dalam upaya menjawab tantangan tersebut dan sebagai bagian peningkatan peran keluarga, salah satu program yang telah diarahkan sejak periode lalu adalah Bincang Bersama Orang tua (BBO). Namun belum cukup banyak jemaat yang menggiatkan program ini. Pada kesempatan ini, kami kembali mendorong agar BBO dapat menjadi program rutin yang dilaksanakan secara terpadu. Melalui BBO, diharapkan orang tua bersama pelayan PA dan presbiter, dibantu pendidik/psikolog, dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam mendidik dan membesarkan anak. Pemahaman yang kekinian danketrampilan yang terasah, sangat dibutuhkan orang dewasa agar anak mendapat perlakuan yang tepat sebagaimana itu adalah salah satu hak anak.

Mari kakak-kakak Pelayan PA, bersama dengan bapak-ibu, pemuda-pemudi, kakek-nenek, kita mensyukuri penyertaan Tuhan atas PELKAT PA GPIB, dengan bergandengan tangan, bersatu hati dan penuh sukacita mengupayakan yang terbaik bagi perkembangan adik-adik layan kita secara utuh. Mari adik-adik yang amat dikasihi Tuhan, teruslah giat melakukan hal baik yang walaupun terlihat kecil dan sederhana namun dapat berguna bagi sesama, terlebih memuliakan nama Tuhan. Sebagai contoh, teman-temanmu dari sekolah Yapendik GPIB memberi semangat bagi anak-anak lain melalui buku yang berisi gambar dan cerita mereka berjudul: Ini Cita-citaku, Apa Cita-citamu? Tentu kamu juga dapat berkreasi melalui berbagai karya dengan bakat dan kemampuan yang Tuhan anugerahkan bagimu.

Akhir kata, Selamat Ulang Tahun ke-58 Pelayanan Kategorial Pelayanan Anak GPIB!  Teruslah bernyanyi dan bercerita untuk kemuliaan Allah.


UNIT MISIONER MAJELIS SINODE GPIB 2015-2020
Dewan Pelayanan Anak GPIB 2015-2020

Tanti Tiendas, Benino Aipassa, Putri Panduu, Giathika Dailapasa,
Ester Pattinama-Terroe,
Christian Dethan, Benaya Sulistyono, Anasthasia Mandik,
Viena Sitaniapessy


No Response to “Pesan Majelis Sinode GPIB HUT Ke-58 Pelkat PA”

Comments are closed.

Event Yang Akan Datang

lihat semua event yang akan datang

Jumlah Pengunjung

Ada 2 pengunjung online
October 2017
M T W T F S S
« Sep    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031