Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

Senin, 27 Maret 2017 – Renungan Malam

Sudah 710 kali dilihat

MINGGU III PRAPASKAH
Senin, 27 MARET 2017
Renungan Malam
GB.395 : 1-Berdoa
HANYA TUHAN YANG DAPAT MENOLONG

Ratapan 2:11-16
Sekalian orang yang lewat bertepuk tangan karena engkau. Mereka bersuit-suit dan menggelengkan kepalanya mengenai puteri Yerusalem: “lnikah kota yang disebut orang kota yang paling indah, kesukaan dunia semesta?” (ay.15)

Ungkapan kesedihan yang mendalam dapat kita Iihat dari tuturan sang penyair kitab Ratapan ini. Rasa-rasanya sudah terkuras habis air mata mereka menyaksikan lautan keruntuhan ini. Fatal. tidak ada harapan, demikianlah kalau bisa dikatakan.”Siapa yang bisa memulihkan ini semua?” demikianlah nada pedih yang terdengar.
Kota indah yang menjulang permai kini menjadi tertawaan musuh. Umat Israel tidak bisa berbuat apa-apa tatkala hinaan itu dilontarkan. Lalu, dimanakah Tuhan dapat ditemui? Mengapa hukuman itu sangat menyiksa? Beginilah rasanya jika dicampakkan dari hadapan-Nya. Beginilah rasanya jika ditinggalkan Tuhan. Lalu, apa yang harus dilakukan oleh umat Israel? Koreksi diri dan kembali kepada Tuhan. Mereka jangan Iagi menyalahkan bangsa lain, apalagi menyalahkan Tuhan.
Ya, dalam situasi ini kita bisa saja kecewa dan marah kepada Tuhan. Tetapi kembali ke jalan yang benar, itu harus.Tidak ada kata terlambat untuk kembali kepada-Nya. Kadang-kadang kita tidak mengerti cara Tuhan ketika Ia menegur kita. Bisa saja la membuat kita pontang-panting. Tetapi dalam situasi seperti itu, kita tidak kehilangan pengharapan. Jungkirbalik mungkin, tetapi kita sadar tangan Tuhan tetap memegang kita. ltulah perjalanan hidup orang beriman. Tidak ada yang dapat menolong kita kecuali Tuhan. Apa yang kita baca di dalam kitab Ratapan ini, seharusnya membuat kita semakin kuat dan semakin memahami Tuhan. Di sinilah kita melihat bahwa hukuman Tuhan itu mutlak.
Dalam menjalani hidup ini, selalu ada koreksi yang Tuhan ingin tunjukkan walau kadang-kadang kita tidak siap untuk dikoreksi. Tidak jarang kita menjadi terkejut dan terpana. Jangan memberontak tetapi berikanlah kepada Dia, hati yang mau mengakui kesalahan dan dosa. Kiranya kita semua rela dikoreksi oleh Tuhan.

KJ.395:4
Doa : (Bantulah kami ya Tuhan, untuk tetap berpegang pada-Mu saja dan pada janji-janji-Mu)

No Response to “Senin, 27 Maret 2017 – Renungan Malam”

Comments are closed.

Event Yang Akan Datang

lihat semua event yang akan datang

Jumlah Pengunjung

Users online class errors:
  • Unable to record new visitor
  • Unable to delete visitors
February 2021
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728