Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

Senin, 1 Mei 2017 – Renungan Pagi

Sudah 749 kali dilihat

MINGGU II SESUDAH PASKAH
SENIN, 1 MEI 2017
Renungan Pagi
KJ.293 : 1-Berdoa
SABAT DAN YOBEL, TAHUN PEMBEBASAN

Imamat 25:1-13
Kamu harus menguduskan tahun yang kelima puluh, dan memaklumkan kebebasan di negeri itu bagi segenap penduduknya (ay.10a).

Mungkin kita belum akrab dengan teori Etika Lingkungan atau Etika Ekologi yang membangun kesadaran akan pentingnya memelihara dan melestarikan alam karena hidup kita erat kaitannya dengan alam. Ada dua teori Etika Ekologi. Pertama, Etika Ekologi Dangkal yang menekankan bahwa alam dipelihara atau tidak hanya karena keindahan alam itu dan karena kebutuhan manusia. Kedua, Etika Ekologi Dalam, menekankan tentang pemeliharaan alam adalah tanggungjawab manusia, sebab alam adalah penopang kehidupan manusia. Suka atau tidak alam harus dipelihara karena manusia bergantung juga padanya. Dan bahwa, baik binatang, tumbuhan, bahkan alam termasuk tanah, memiliki hak untuk menikmati kesenangannya dan harus dicegah dari penderitaan.

Ketetapan tentang Sabat dan Yobel adalah bentuk jaminan kehidupan Tuhan atas Israel. Sabat, – pembebasan setiap tahun ketujuh atas tanah pertanian, dan Yobel,- pembebasan setiap tahun ke-50 atas para hamba, budak dan orang-orang yang terpaksa menjual tanahnya, diberikan karena Tuhan menjamin kehidupan Israel. Sabat dan Yobel adalah upaya pemulihan keadaan yang akan berdampak pada Israel itu sendiri. Umat yang melakukannya adalah umat yang percaya bahwa Tuhan adalah Sumber berkat dan kehidupannya. Bahwa berkat Tuhan itu diperolehnya dalam relasinya dengan alam dan lingkungan hidupnya, juga sesamanya yaitu para hamba dan para budaknya. Tindakan pembebasan itu adalah sebuah bentuk pengakuan tentang kuasa pemeliharaan Tuhan melalui hasil yang diperoleh dari alam maupun pekerjaan para hamba dan budak.

Di hari buruh ini, dua hal itu diingatkan kepada kita. Percaya kepada jaminan kehidupan dari Tuhan berarti merawat alam secara bertanggungjawab dan memberikan hak-hak para pekerja secara manusiawi. Percaya bahwa Tuhan memberkati kehidupan kita berarti tidak takut untuk bersikap manusiawi terhadap lingkungan dan sesama yang bekerja bersama dan bagi kita.

KJ. 293 : 2
Doa:(Tuhan, terimakasih untuk alam penopang kehidupan dan orang-orang yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup kami)

No Response to “Senin, 1 Mei 2017 – Renungan Pagi”

Comments are closed.

Event Yang Akan Datang

lihat semua event yang akan datang

Jumlah Pengunjung

Users online class errors:
  • Unable to record new visitor
  • Unable to delete visitors
March 2021
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031