Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

Selasa, 25 April 2017 – Renungan Malam

Sudah 599 kali dilihat

MINGGU I SESUDAH PASKAH
SELASA, 25 APRIL 2017
RENUNGAN MALAM
GB. 214:1,2-Berdoa
KUAT KARENA MENGANDALKAN TUHAN

Keluaran 17 : 8-15
Dan terjadilah, apabila Musa mengangkat tangan-Nya,lebih kuatlah Israel, tetapi apabila ia menurunkan tangannya, lebih kuatlah Amalek” (ay.11)

Bala tentara Mesir telah ditenggelamkan pada saat Israel keluar dari Mesir. Tetapi bangsa lain muncul, yaitu Amalek yang tidak menginginkan umat Israel melewati wilayah mereka. Maka terjadilah perang antara Amalek dan Israel. Proses peperangan diceritakan dengan hidup dan dramatis, dan Musa sebagai utusan Allah menjadi simbol kekuatan dan kelemahan Israel.

Dari kesaksian dalam ayat 11, kita dapat meyakini bahwa saat tangan Musa yang memegang tongkat terangkat keatas (Iambang mengandalkan kekuatan dan kuasa Tuhan) maka umat Israel akan lebih kuat. Namun saat Musa menurunkan tangannya (tanda tidak mengandalkan kuasa dan kekuatan Tuhan) maka lebih kuatlah Amalek. Dalam proses ini, terjadi kendala mengenai daya tahan Musa untuk tetap mengangkat tangannya ke atas. Oleh karena itu diletakkan sebuah batu agar Musa dapat duduk; Harun dan Hur juga ikut menopang kedua tangannya; seorang disisi yang satu dan seorang disisi yang lain. Sehlngga tangan Musa tetap terangkat ke atas dan tidak bergerak dalam posisi itu sampai matahari terbenam. Akhirnya orang Israel dapat mengalahkan Amalek. Semuanya karena kehadiran dan keterlibatan Allah yang Maha Kuasa dalam peperangan tersebut.

Kita pun setiap hari berada dalam peperangan hidup melawan kesulitan, pergumulan dan kuasa dosa. Kita akan kuat dan menang kalau kita mengangkat hati dan tangan kita untuk memohon kehadiran dan keterlibatan Allah di dalam Yesus Kristus. Kuasa Kristus yang kita andalkan tidak akan mengecewakan. Dia akan menopang kita untuk tetap kuat dan menjadi pemenang. Tapi bila kita tidak mengarahkan hati kepada Tuhan, maka kita akan lemah dan akhirnya kalah terhadap persoalan yang kita hadapi. Mari tinggalkan hari ini dengan tekad untuk selalu mengandalkan Tuhan dalam setiap peperangan yang sedang dan akan kita jalani. Yakinlah bahwa kita akan menang.

GB. 214 : 3
Doa : (Ya Tuhan, tolong kami untuk berjuang bersama Tuhan, agar kami kuat dalam menghadapi setiap pergumulan dan persoalan hidup)

No Response to “Selasa, 25 April 2017 – Renungan Malam”

Comments are closed.

Event Yang Akan Datang

lihat semua event yang akan datang

Jumlah Pengunjung

Users online class errors:
  • Unable to record new visitor
  • Unable to delete visitors
February 2021
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728