Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

Selasa, 11 July 2017 – Renungan Malam

Sudah 585 kali dilihat

MINGGU V SES. PENTAKOSTA
SELASA, 11 JULI 2017
Renungan Malam
GB.117 : 4 -Berdoa
FIRMAN MENUNTUN KITA BICARA

Mazmur 119:41-48
“Kiranya kasih setia-Mu mendatangi aku, ya TUHAN, keselamatan dari pada-Mu itu sesuai dengan janji-Mu supaya aku dapat memberi jawab kepada orang yang mencela aku, sebab aku percaya kepada firman-Mu” (ay.41-42)

Dalam Kumpulan Perilaku dan Pitutur ala Jawa, ada pemyataan yang berkata: “Maoni iku panggawe kang gampang dhewe, nanging waonane mau apa bener temenan, durung karuan”. Artinya “menasihati plus mencela itu pekerjaan yang paling mudah, masalahnya apa yang kau nasihatkan belum tentu benar.” Kita sering menasihati dan mencela orang lain, tanpa berpikir matang apakah yang kita katakan sesuai dengan kehendak Tuhan ataukah hanya ingin memuaskan keinginan kita. Tanpa sadar, lewat perkataan, kita justru menyakiti hati orang lain.

Ketika mengalami celaan dari lingkungannya, pemazmur berpegang teguh pada keyakinan bahwa keselamatan hidup ada di dalam tangan Tuhan. la mengatakan “Kiranya kasih setia-Mu mendatangi aku, ya TUHAN, keselamatan dari pada-Mu itu sesuai denganjanji-Mu supaya aku dapat memberi jawab kepada orang yang mencela aku, sebab aku percaya kepada firman-Mu.”

Keselamatan hidup dari Tuhan akan diperoleh pemazmur bila ia percaya pada firman Tuhan. Keyakinan pada firman membuat ia berani menyampaikan peringatan kepada para raja, tanpa merasa malu. Firman Tuhan itulah yang membuat ia mampu berkata apa yang benar (bener temenan). Karena itu, pemazmur bertekad untuk menyukai dan mencintainya.

Hari ini telah kita lewati dengan berbagai peristiwa. Pelbagai peristiwa itu telah kita lewati dengan menuturkan sejumlah perkataan. Mari sejenak renungkan apakah perkataan kita membawa kebaikan, baik bagi diri sendiri maupun orang lain, ataukah justru mendatangkan kejengkelan, sakit hati, dan amarah. Mengakhiri hari ini, pemazmur mengajak kita untuk menyadari bahwa Firman Tuhan punya faedah untuk menuntun kita berbicara. Firman Tuhan mengajar kita apa yang patut kita katakan. Ia menjadi patokan dari perkataan kita: apakah kita mengasihi lewat perkataan itu ataukah justru mengutuk, mencela orang lain. Biarlah kita terus bergaul dengan firman, karena firman mengubah perkataan kita.

GB.117 : 5
Doa : (Ya Tuhan, karuniakanlah firman-Mu setiap saat kepada kami, supaya kami dapat berbicara yang baik dan benar)

No Response to “Selasa, 11 July 2017 – Renungan Malam”

Comments are closed.

Event Yang Akan Datang

lihat semua event yang akan datang

Jumlah Pengunjung

Users online class errors:
  • Unable to record new visitor
  • Unable to delete visitors
March 2021
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031