Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

Sabtu, 8 July 2017 – Renungan Pagi

Sudah 661 kali dilihat

MINGGU IV SES. PENTAKOSTA
SABTU, 8 JULI 2017
Renungan Pagi
GB.340:1 – Berdoa
DOAKANLAH MEREKA

Kisah Para Rasul 12:1-11
jemaat dengan tekun mendoakannya kepada Allah. (ay.5)

Saat keadaan sekelilingku, ada di luar kemampuanku, ku berdiam diri mencari-Mu, doa mengubah segala sesuatu. Saat kenyataan di depanku, mengecewakan perasaanku, ku menutup mata memandang-Mu, sebab doa mengubah segala sesuatu.” ltulah penggalan lagu dari Jonathan Prawira yang diberijudul “Doa Mengubah Segala Sesuatu” dan yang dinyanyikan oleh Vania Larissa. Lagu ini memperlihatkan banyak orang Kristen yakin akan kuasa doa di tengah masalah yang dihadapinya.

Bacaan hari ini juga berhubungan dengan kuasa doa. Raja Herodes Agripa I, cucu Herodes Agung, ingin menyenangkan hati orang Yahudi dengan menganiaya tokoh-tokoh pengikut Yesus. Pada masa Yesus, Herodes Antipas, paman Herodes Agripa I, telah menyuruh memenggal kepala Yohanes Pembaptis (Mar. 6:27). Setelah membunuh Yakobus (ay.2), murid Yesus dan juga saudara Yohanes, Herodes Agripa I menyuruh menangkap Petrus. Petrus tidak sendiri. Jemaatjuga berbela rasa dengannya. Namun mereka tidak bisa berbuat sesuatu, melawan Herodes Agripa I dan membebaskan Petrus. Tetapijemaat tahu tentang kuasa doa di tengah-tengah masalah yang Petrus dan mereka hadapi. Mereka bersehati dan bertekun berdoa memohon pertolongan Tuhan kepada Petrus. Dan Tuhan mendengar doa mereka. Ketika hampir tiba waktunya Petrus dihadapkan kepada orang banyak, Tuhan mengirim Malaikat untuk membebaskan Petrus. Dia dilepaskan dari belenggu yang mengikatnya dan dibebaskan dari penjara (ay.7-10). lnilah salah satu mujizat yang dialami Petrus dan ada kaitannya dengan doa yang dinaikkan jemaat.

Kita tahu bahwa doa harus disertai dengan usaha. Ora et labora. Tetapi ketika kita tidak mampu melakukan usaha apapun di tengah persoalan yang dihadapi, percayalah akan kuasa doa yang dinaikkan dengan penuh iman. Karena doa orang beriman, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya (Yak. 5:16). Tetapi jangan berdoa hanya untuk masalah kita saja. Doakanlah juga sesama kita yang menghadapi masalah, bahkan masalah yang mengancam hidupnya. Kita terpanggil untuk mendoakan sesama kita yang mendenta, karena itulah wujud persekutuan orang percaya.

GB.340 : 2
Doa : (Kristus, kuatkanlah saudara-saudara kami yang sedang menghadapi masalah)

No Response to “Sabtu, 8 July 2017 – Renungan Pagi”

Comments are closed.

Event Yang Akan Datang

lihat semua event yang akan datang

Jumlah Pengunjung

Users online class errors:
  • Unable to record new visitor
  • Unable to delete visitors
February 2021
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728