Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

Sabtu, 8 April 2017 – Renungan Pagi

Sudah 597 kali dilihat

MINGGU II PRAPASKAH
SABTU, 8 APRIL 2017
Renungan Pagi
KJ.457 : 1-Berdoa
TUHAN PENOLONG UMAT-NYA

Yesaya 51:17-20
Dari semua anak-anak yang dilahirkannya tidak ada yang membimbing dia (ay.18)

Pembuangan adalah tempat yang menjadi mimpi buruk bagi umat Israel. Hampir semua hal yang ditawarkan pembuangan adalah penderitaan bagi Israel. Situasi itu harus dialami dan dijalani karena dosa mereka. Terhadap hal ini Yesaya menyerukan dua hal. Pertama, apa yang dialami umat adalah akibat dari apa yang mereka lakukan.

Sekarang terbukti perbuatan mereka membuat mereka terpuruk. Lalu siapa yang dapat menolong mereka? Adakah yang mereka percayai yakni ilah-ilah, baal-baal, bangsa-bangsa, kejahatan dapat menolong mereka dari sengsara? Bukankah justru semua itu membuat mereka menderita dan tidak dapat menolong diri mereka keluar dari situasi sulit? Bahkan, keturunan merekapun mengalami keadaan yang semakin parah ketika menderita, terpuruk, hidup dalam kekelaman, berduka ditenawakan? Pembuangan tidak menghibur dan menguatkan, tetapi semakin menjerumuskan. Kedua, Yesaya memberi semangat kepada umat. Sudah waktunya umat bangkit kembali, berbenah, tidak terus hanyut dalam kesengsaraan. Mereka harus memulai kehidupan baru yaknikembali pada Tuhan. Bangun dari keterpurukkan dan percaya Tuhan akan menolong. Dalam kedua hal ini suara kenabian Yesaya diperdengarkan.

Jangan mencari pertolongan di luar Tuhan ketika menghadapi situasi apapun. Kita tidak akan menemukan pertolongan, karena pada dasarnya manusia sulit untuk memberi pertolongan tanpa imbalan. Semua selalu diperhitungkan untung dan ruginya, sehingga akan sulit bagi kita menemukan seseorang yang mau menolong dengan tulus.

Carilah pertolongan di dalam Tuhan, karena Tuhan akan menolong. Tuhan yang dapat mengubah masa kelam menjadi masa yang dipenuhi kebaikan-Nya. Kesengsaraan akan berakhir dan kesedihan berhenti. Tuhan sendiri yang akan menghukum orang-orang jahat dan menghalau mereka menjauh dari umat-Nya. Kejahatan tidak akan mendapat tempat di hadapan Tuhan dan tidak akan dapat menang atas orang-orang benar.

KJ.457 : 2
Doa : (Tuhan, Tolonglah kami melewati kehidupan kami yang penuh dengan tantangan. Hanya karena Engka_u menolong maka kami selamat)

No Response to “Sabtu, 8 April 2017 – Renungan Pagi”

Comments are closed.

Event Yang Akan Datang

lihat semua event yang akan datang

Jumlah Pengunjung

Users online class errors:
  • Unable to record new visitor
  • Unable to delete visitors
March 2021
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031