Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

Rabu, 6 Desember 2017 – Renungan Pagi

Sudah 28 kali dilihat

MINGGU ADVEN I
RABU, 6 DESEMBER 2017

Renungan Pagi
GB. 109 : 1 – Berdoa

JAGALAH IKATAN PERKAWINAN

Maleakhi 2:10-16
Oleh sebab TUHAN telah menjadi saksi antara engkau dan isteri masa mudamu yang kepadanya engkau telah tidak setia, padahal dialah teman sekutumu dan isteri seperjanjianmu. (ay.14b)

Hal yang menarik perhatian nabi Maleakhi adalah praktik kawin campur yang dilakukan banyak orang Israel dengan menceraikan istri yang berasal dari sesama Israel dan mengawini perempuan dari bangsa lain. Alasannya untuk menjalin persahabatan dengan bangsa lain yang dianggap memberi manfaat dalam membangun persekutuan untuk melindungi mereka dari musuh-musuh yang masin mengintai.

Menanggapinya nabi Maleakhi menjelaskan kembali makna perkawinan dalam pandangan Tuhan yaitu sebuah perjanjian antara seorang laki-laki dan seorang perempuan yang diikat di hadapan Tuhan yang dijaga dalam sikap saling setia. Ketidak-setiaan mereka terhadap ikatan perjanjian perkawinan sama saja dengan mengingkari kesetiaan mereka kepada Tuhan.

Saat ini banyak kasus perceraian terjadi di tengah keluarga Kristen. Ketika sepasang laki-laki dan perempuan masuk dalam proses pemberkatan perkawinan di gereja, mereka berkata, ”inilah jodohku yang diberikan Tuhan.” Tapi begitu hendak bercerai, mereka berkata, “ini mungkin sudah jalan Tuhan. Dia bukan jodohku”. Padahal Tuhan Yesus berkata, “Apa yang dipersatukan Allah tidak dapat diceraikan manusia.” Artinya Tuhan pun tidak pernah memberikan opsi perceraian dalam sebuah perkawinan.

Dalam sejumlah kasus, kita prihatin jika terjadi karena tindakan KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga). Walaupun begitu nasehat untuk menjaga kesetiaan dalam ikatan perkawinan bersama Tuhan harus menjadi pesan penting bagi tiap rumah tangga Kristiani. Belajarlah melihat perkawinan sebagai karya iman dari sebuah perjanjian kudus, tidak hanya antara suami dan istri, tapi juga antara keluarga dengan Tuhan yang harus dijaga dalam kesetiaan. Kita dapat saling mendoakan agar kehidupan perkawinan kita dalam pimpinan Tuhan. Tuhan selalu memberikan jalan keluar terbaik saat pergumulan datang.

GB.109 : 2
Doa : (Allah Pengasih, berkati tiap rumah tangga dan berilah hati yang saling mengasihi di dalamnya)

No Response to “Rabu, 6 Desember 2017 – Renungan Pagi”

Comments are closed.

Event Yang Akan Datang

lihat semua event yang akan datang

Jumlah Pengunjung

Ada 2 pengunjung online
December 2017
M T W T F S S
« Nov    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031