Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

Rabu, 3 Mei 2017 – Renungan Malam

Sudah 789 kali dilihat

MINGGU II SESUDAH PASKAH
RABU, 3 MEI 2017
Renungan Malam
♪KJ.351 : 1,2-Berdoa
YOBEL, MEMBANGUN KASIH KEPADA SESAMA SAUDARA

Imamat 25:47-55
Karena pada-Kulah orang Israel menjadi hamba; mereka itu adalah hamba-hamba-Ku yang Kubawa keluar dari tanah Mesir; Akulah TUHAN, Allahmu (ay. 55)

Bagaimana perasaan kita kalau ada saudara atau keluarga dan kerabat kita yang meminjam dana kepada orang lain dan kemudian terikat untuk melakukan apa saja yang dinginkan oleh si pemberi pinjaman? Menjadi PRT misalnya hanya untuk membayar atau melunasi hutang-hutangnya kepada majikan yang memberi pinjam-an ? Tenang-tenang saja dan membiarkannya ? Atau merasa malu dan terbeban untuk segera menolong saudara kita atau kerabat kita itu ?
Kewajiban kerabat untuk menolong saudaranya seharusnya lebih diutamakan sebab Tuhan pun tidak mengendaki manusia saling memperhamba sesamanya. Bagi Tuhan tidak boleh ada orang yang menjadi hamba kepada sesamanya karena kemiskinan. Tetapi jika saudara atau kerabat telah berutang dan menjadi hamba, maka adalah kewajiban saudaranya atau kerabatnya yang mampu wajib menebus mereka dengan harga yang tepat. Ketetapan ini menegaskan tentang dua bentuk penghargaan. Pertama, Pembe-basan saudaranya yang berutang dengan menjual dirinya menjadi hamba adalah penghargaan kepada saudara sendiri yang harus dilakukan dengan bertanggungjawab. Kedua; pembayaran dengan nilai yang pantas adalah juga bentuk penghargaan kepada sesama. Dan Tuhan ingin menunjukkan bahwa Tuhan juga menjamin kehi-dupan orang asing yang kaya tersebut.
Hidup dalam kasih seharusnya membuat kita memprakarsai sikap hidup yang menghargai baik saudara dan keluarga maupun orang lain atau sesama. Membantu keluarga atau kerabat yang miskin harus dilakukan sebagai penghargaan kepada Tuhan yang membebaskan dan menolong semua orang. Mengembalikan pinjaman secara tepat adalah juga tindakan kasih kepada sesama. Sebab semua orang memiliki hak untuk hidup yang layak. Dan adalah kewajiban kita untk memastikannya, sebab kita dan mereka sama-sama umat yang dikasihi dan selalu ditolong Tuhan.

♪KJ. 351 : 3
Doa :(Tuhan, tolong kami untukbenar-benarpeduliuntukmensejahterakan orang lain)

No Response to “Rabu, 3 Mei 2017 – Renungan Malam”

Comments are closed.

Event Yang Akan Datang

lihat semua event yang akan datang

Jumlah Pengunjung

Users online class errors:
  • Unable to record new visitor
  • Unable to delete visitors
February 2021
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728