Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

RABU, 1 MEI 2019 – Renungan Pagi

Sudah 538 kali dilihat

 

MINGGU I SESUDAH PASKAH

HARI BURUH

GB.369 : 1 – Berdoa

DIBERKATI MENJADI BERKAT!

Imamat 25 : 35 – 46
Apabila saudaramu jatuh miskin di antaramu, sehingga menyerahkan dirinya kepadamu,…. (ay.39)

Dalam kehidupan ini tidak selalu orang itu sukses dan sejahtera. Bisa saja seseorang itu pernah hidup berkelimpahan. Namun satu ketika dia jatuh miskin. Nah di saat seseorang atau sekelompok orang itu jatuh miskin tentu membutuhkan pertolongan dan bantuan. Dan selayaknya yang membantu mereka yang miskin itu adalah orang-orang yang kaya. Mereka yang kaya tentu saja mengenal kepada siapa yang harus mereka bantu dan tolong. Pertama tentu saja kerabat dekat atau kaumnya. Kemudian termasuk orang-orang yang ada di sekitar lingkungannya walaupun bukan kerabatnya.

Umat Israel pernah miskin dan menjadi budak di Mesir serta merasakan bagaimana mengalami sulitnya hidup di negeri orang. Oleh karena itu TUHAN melalui Musa mengingatkan Israel apabila ada kaum sebangsanya jatuh miskin mereka harus segera tolong. Menjadikan mereka yang jatuh miskin itu sebagai orang upahan. Tak terkecuali juga termasuk orang-orang yang hidup sekitar Israel meski bukan kaum sebangsanya. Mereka yang bukan kaum Israel ini diambil menjadi budak baik laki-laki maupun perempuan. Sebagai orang upahan dan budak yang dikaryakan dalam melaksanakan tugas kewajibannya mendapat hak hidup yang layak. Para majikan yang mengaryakan mereka tidak boleh adanya unsur-unsur tekanan dan kekerasan serta pemerasan. Sebab para majikan pasti menyadari bahwa mereka juga pernah menjadi orang-orang upahan dan budak di Mesir. Namun oleh pertolongan TUHAN mereka boleh keluar dari kemiskinan karena perbudakan di Mesir.

Menolong mereka yang jatuh miskin agar tidak menjadi beban apabila kita menyadari bahwa sumber berkat itu berasal dari TUHAN. Ketika TUHAN memberi berkat tentu saja tersirat maksud agar kita juga menjadi berkat bagi mereka yang membutuhkan pertolongan. Maka ada ungkapan bagi kita umat TUHAN, “Diberkati TUHAN untuk jadi berkat”

GB.369 : 2
Doa : (Tuhan Yesus berkatilah hidup dan penghidupan kami agar diperkenankan menjadi berkat bagi sesama yang butuh ditolong)

No Response to “RABU, 1 MEI 2019 – Renungan Pagi”

Comments are closed.

Event Yang Akan Datang

lihat semua event yang akan datang

Jumlah Pengunjung

Users online class errors:
  • Unable to record new visitor
  • Unable to delete visitors
December 2020
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031