Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

Minggu, 9 July 2017 – Renungan Malam

Sudah 681 kali dilihat

HARI MINGGU IV SE8. PENTAKOSTA
MINGGU, 9 JULI 2017
Renungan Malam
GB.61 : 1-Berdoa
FIRMAN ALLAH MEMPERTAHANKAN KELAKUAN YANG BERSIH

Mazmur 119:9-16
“Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.” (ay. 9)

Kaum muda merupakan bagian dari kehidupan gereja. Merekalah yang menjadi generasi penerus gereja. Sebagai kaum yang suka bergaul, kaum muda diperhadapkan dengan berbagai tantangan hidup, baik dari dalam maupun luar negeri yang mempengaruhi perilaku mereka. Kemajuan teknologi informasi yang menyediakan berbagai media sosial kini membuka peluang bagi kawula muda untuk bergaul seluas-luasnya. Kemajuan ini turut membawa dampak bagi gaya hidup kaum muda, ada yang baik, namun tak jarang banyak pula yang kurang baik.

Dalam bagian Firman ini pemazmur mempertanyakan tentang apa yang membuat perilaku orang muda tetap bersih. Ia berkata “Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu”. Orang muda yang dirujuk di sini adalah semua orang muda yang sedang belajar tentang Taurat. Melanjutkan apa yang dinyatakannya dalam ayat 1-8, di bait kedua syairnya pemazmur menegaskan kembali fungsi Taurat/firman Tuhan bagi hidup manusia, yakni untuk mempertahankan kelakuan yang bersih. Firman Allah menjadi patokan perilaku yang terpuji. la berfungsi untuk membersihkan moral manusia.

Kesadaran bahwa firman Tuhan mampu mempertahankan tindakan yang bersih, pemazmur kembali mengungkapkan tekadnya untuk mencari Tuhan, memperhatikan dan menyimpanjanji-janji-Nya, menceritakan hukum Tuhan, merenungkan dan mengamati Taurat-Nya, serta bergemar dalam ketetapan Tuhan. Ia akan mencintai dan menyukai hukum atau firman Tuhan.

Mengakhiri hari di malam ini, pemazmur mengajak kita untuk mengingat kembali fungsi dari firman Tuhan bagi pembentukan moral kita. Bukan saja kaum muda yang membutuhkan firman, namun kita semua, kanak-kanak sampai lanjut usia. Firman Tuhan memberikan arahan bagi tingkah laku kita sehari-hari.

GB.62 : 1
dDoa : (Ya Yesus, Firman yang hidup, kuatkan dan topanglah kami dengan firman-Mu. Biarlah firman-Mu mengarahkan kami untuk berperilaku yang baik)

No Response to “Minggu, 9 July 2017 – Renungan Malam”

Comments are closed.

Event Yang Akan Datang

lihat semua event yang akan datang

Jumlah Pengunjung

Users online class errors:
  • Unable to record new visitor
  • Unable to delete visitors
May 2021
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31