Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

Minggu, 9 April 2017 – Renungan Pagi

Sudah 785 kali dilihat

HARI MINGGU I PRAPASKAH
MINGGU, 9 APRIL 2017
Renungan Pagi
KJ.162:1-Berdoa
HOSANA DIBERKATILAH DIA YANG DATANG

Markus 11:1-11
Orang-orang yang berialan di depan dan mereka yang mengikuti dari belakang
berseru : “Hosana!….. (ay.9)

Kita pasti tidak asing dengan kata “Hosanna atau Hosiana”. Kata tersebut muncul ketika Yesus dielu-elukan saat memasuki Yerusalem dengan menunggangi seekor keledai untuk merayakan pesta Paskah. Kataini terkait sejarah panjang umat lsrael ketika menantikan penggenapan janji Allah tentang Sang Mesias. Kata “Hosanna” (lbr. A”YEHOVAH HOSYl”AH NA”) dari kata dasar “yasya” “menyelamatkan” dan diikuti dengan kata “na” yang artinya “memohon” atau “doa”.

Artinya, seruan atau doa memohon keselamatan atau kemujuran (bd Maz 118125). Jika dikaitkan dengan ayat 24 bahwa untuk bersukacita dan bersorak-sorai, orang harus merasakan dan mengalami pembebasan, keselamatan, kemujuran dan berkat.

Kata Hosanna atau Hosiana yang diserukan orang banyak kepada Yesus mau menyatakan sukacita dan puji-pujian kepada TUHAN : “Hiduplah!” atau “Terpujilah!”. Artinya, orang banyak sungguh-sungguh memahami dan mengakui bahwa Yesus adalah Mesias yang dijanjikan Allah. Yesus tahu persis apa yang dibutuhkan manusia, karena memang untuk maksud itulah la hadir di dunia. Biasanya Yesus segan berbuat tindakan yang “demonstratif.” la mengambil keputusan melakukan hal ini untuk menjelaskan bahwa la benar-benar Mesias, raja yang dijanjikan bagi Israel. Tentu, bukan dalam arti Mesias secara politis. Tetapi sebagai Raja Keadilan, Raja Kebenaran dan Raja Damai, yang rela menderita karena menanggung dosa seisi dunia.

Di Hari Minggu l Prapaskah atau Hari Minggu Palmarum ini, mari kita juga serukan Hosanna untuk menyambut Yesus masuk ke dalam hati, batin, pikiran dan pusat hidup kita. Maka kita akan alami pertolongan-Nya yang menyelamatkan kita dari pergumulan atau penderitaan apapun. Dia sudah datang dan akan datang. Mariserukan Hosanna dengan sedia untuk meneladani kerendahan hati Yesus dalam kehidupan sehari-hari dengan rela memikul tanggungan sesama. Banyak orang Kristen berjanji dan berkata “Terpujilah Yesus, atau aku percaya Yesus dengan segenap hatiku” tetapi ketika menghadapi tantangan atau harus mengambil keputusan-keputusan penting dalam hidup (menyangkut karier, teman hidup, materi dan jabatan), mereka segera meninggalkan iman percayanya.

KJ.162 : 4
Doa : (Tuhan, syukur atas kehadiran-Mu dalam hidup kami)

No Response to “Minggu, 9 April 2017 – Renungan Pagi”

Comments are closed.

Event Yang Akan Datang

lihat semua event yang akan datang

Jumlah Pengunjung

Users online class errors:
  • Unable to record new visitor
  • Unable to delete visitors
April 2021
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930