Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

Minggu, 3 Desember 2017 – Renungan Pagi

Sudah 111 kali dilihat

HARI MINGGU ADVEN I,
MINGGU, 3 DESEMBER 2017
Renungan Pagi
KJ. 379:1-2 – Berdoa
MENANTIKAN KARYA BESAR TUHAN
Maleakhi 1:1-5
Matamu akan melihat dan kamu sendiri akan berkata : “TUHAN maha besar sampai di luar daerah lsraeI” (ay.5)

Nubuatan Maleakhi hendak menjawab keraguan tentang kasih Allah dalam kehidupan bangsa Israel. Israel mempertanyakan keadaan mereka yang sulit : apa sesungguhnya bukti kasih Allah bagi umat-Nya? Mengapa Tuhan membiarkan mereka berada dalam keadaan yang sukar? Bangsa Israel meragukan bahwa Allah mengasihi mereka. Meskipun fakta-fakta tentang kebaikan Allah sudah berulang kali terjadi, tokh pertanyaannya tetap sama : apa bukti kasih Allah bagi kami?

Jawaban Allah sangat terang benderang. Allah mengasihi Israel daripada Edom. Allah mengasihi Yakub ketimbang Esau. Allah menyatakan anugerah-Nya sehingga bangsa Israel diberkati Tuhan daripada bangsa Edom. Berkat Tuhan bagi bangsa Israel tidak pernah berubah sebab demikian perjanjian Allah bagi bangsa Israel. Mereka tidak perlu meragukan kasih Allah sebab keadaan mereka pada akhirnya akan diberkati.

Tuhan tidak pernah ingkar janji. Mereka akan menyaksikan kebaikan Tuhan tidak hanya sebatas wilayah mereka, tetapi melampaui batas-batas geografis. Kasih Allah melimpah sehingga patut kita mengagumi kasih Tuhan yang besar itu. Yang sebenarnya harus dilakukan bangsa Israel adalah perlobatan. Bukan tobat asal tobat, tetapi pertobatan” yang berdampak dalam hidup : hidup yang taat, hidup yang bersyukur, hidup yang beribadah dan hidup yang memberkati persekutuan.

Minggu adven pertama mengarahkan umat membarui pola pikir dan perbuatan untuk tidak lagi berorientasi kesenangan diri. Mari bertobat dan perbarui diri sebab kasih Allah itu sempurna dalam Yesus Kristus yang kedatangan-Nya sedang kita nantikan. Minggu Adven pertama ini mengingatkan kita untuk selalu berpengharapan kepada Tuhan. Dia datang untuk memenuhi semua pengharapan kita dengan kasih-Nya yang besar. Mari kita minta agar Roh Tuhan mencelikan mata iman kita bahwa benar kasih Allah itu nyata dalam pribadi Tuhan Yesus yang Iahir, mati, bangkit dan kelak datang kembali dalam kemuliaan-Nya.

KJ.379 : 3,4
Doa : (Bimbing kami Roh Kudus agar kami sadar akan kekurangan kami dan segera bertobat dari semua perilaku yang jahat)

No Response to “Minggu, 3 Desember 2017 – Renungan Pagi”

Comments are closed.

Jumlah Pengunjung

Ada 3 pengunjung online
April 2018
M T W T F S S
« Mar    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30