Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

MINGGU, 17 MARET 2019 – Renungan Pagi

Sudah 238 kali dilihat

 

HARI MINGGU V PRAPASKAH

KJ.426:1,2 – Berdoa

DUTA KARYA ALLAH

Yesaya 49:1-6
“… Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi.” (ay.6b)

Ada berbagai latar belakang atau alasan seseorang dipilih sebagai duta, misalnya untuk menjadi duta besar dari sebuah negara. Kenapa seorang pejabat negara dipilih untuk menjadi duta besar di Amerika dan bukan di Inggris. Bisa jadi alasan pemilihan itu karena jenjang kariernya atau karena kemampuan yang dimilikinya. Yang pasti bahwa dia dianggap memiliki kemampuan untuk melakukan tugas tersebut. Mereka yang dipilih untuk menjadi duta besar diharapkan mampu menjalankan tugas sesuai dengan tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan kepada mereka. Teks kita di Minggu pagi ini juga berbicara tentang hamba Tuhan yang dipilih sebagai duta untuk menyebarluaskan karya keselamatan Allah. Berbeda dengan duta dalam contoh di atas yang dipilih secara “tiba-tiba”, duta keselamatan ini telah dipersiapkan jauh sebelumnya. Sang duta mengatakan bahwa Tuhan telah mempersiapkannya bahkan sejak masih dalam kandungan ibunya. Tujuan Tuhan adalah menjadikan dia duta yang menyatakan keagungan Tuhan (ay. 3). Tuhan memilih duta ini karena Dia tahu potensi yang ada dalam diri duta-Nya. Tuhan bahkan tidak ingin membuatnya menjadi duta untuk tujuan yang kecil saja, melainkan untuk tujuan yang besar. Tujuan yang besar itu adalah memberitakan karya keselamatan Tuhan kepada bangsa-bangsa sampai ke ujung bumi (ay.6 b). Namun agar sang duta siap dengan misi yang lebih besar, Tuhan mempersiapkannya dengan memberikan tugas yang tidak terlalu besar yaitu mengembalikan Israel ke negeri mereka (ay.6a).

Dari sini kita belajar bahwa untuk menjadi seorang duta seseorang haruslah dipersiapkan dengan baik. Pembentukan itu meliputi membangun relasi yang baik dan sikap saling percaya di antara sang duta dan yang menugaskannya. Orang Kristen adalah juga duta karya Allah. Untuk itu orang Kristen harus mempersiapkan diri dengan baik untuk melakukan karya atau misi Allah sesuai kemampuan yang dimilikinya. Yang harus diingat adalah misi Allah adalah misi yang inklusif, yang terbuka bagi siapa saja. Untuk itu sebagai duta orang Kristen harus bisa membebaskan dirinya dari pikiran-pikiran dan sikap-sikap yang ekskluslf.

KJ.426 : 4 ,
Doa : (Ya Kristus, mampukan kami untuk menjadi duta yang menyebarkan karya keselamatan-Mu bagi semua manusia)

No Response to “MINGGU, 17 MARET 2019 – Renungan Pagi”

Comments are closed.

Event Yang Akan Datang

lihat semua event yang akan datang

Jumlah Pengunjung

Users online class errors:
  • Unable to record new visitor
  • Unable to delete visitors
May 2019
M T W T F S S
« Apr    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031