Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

MINGGU, 14 APRIL 2019 – Renungan Malam

Sudah 247 kali dilihat

 

HARI MINGGU I PRAPASKAH

GB.126 : 1 – Berdoa

SUGUHKAN DAMAI DITENGAH KEBENCIAN

Yohanes 12 : 12 – 19
” ….. ..Kamu lihat sendiri, bahwa kamu sama sekali tidak berhasil, lihatlah seluruh dunia datang mengikuti Dia” (ay.19)

Sejak peristiwa kebangkitan Lazarus, popularitas kaum Farisi mulai memudar dan nama Yesus makin bersinar. Keadaan ini membuat mereka menjadi marah dan makin membenci Yesus. Orang banyak lebih tertarik melihat mujizat dan tanda ajaib yang Yesus lakukan dibanding Hukum Taurat kaum Farisi. Pada satu sisi, kaum Farisi mencari cara dan jalan agar Yesus tidak menjadi pusat perhatian khalayak ramai. Segala usaha dilakukan kaum Farisi untuk menjatuhkan Yesus dan mencari-cari kesalahan yang Yesus perbuat. Pada sisi lain, orang-orang Yahudi termasuk murid Yesus berpikir bahwa Yesus adalah Mesias yang datang untuk menyelamatkan orang-orang Yahudi dari pemerintahan Romawi. Oleh karena itu mereka terus mengikuti Yesus dengan harapan bahwa pembebasan akan mereka miliki. Namun, konsep mesianik yang dipahami Yesus berbeda dengan pandangan Yahudi.

Dalam perjalanan pelayanan-Nya dari Bethania, Yesus menuju ke kota Yerusalem. Kota pusat peribadahan Yahudi yang menunjukkan identitas keyahudian di mana berkumpulnya kaum Farisi, ahli-ahli Taurat dan Yahudi militan. Yesus datang kesana dan Yesus tahu bahwa ia berada di tengah-tengah orang-orang yang membenci-Nya. Yesus datang bukan meningkatkan popularitas. Bukan mencari dukungan yang lebih kuat melawan kaum Farisi dan ahli Taurat, melainkan menciptakan damai di tengah kesesakan dan beban hidup.

Seorang Pendamai (Yesus) menghadapi orang-orang yang berusaha menghambat upaya menciptakan damai dengan berbagai cara (representasi dari para Farisi). Beranikah kita seperti Yesus? Datang kepada orang yang membenci kita dan menawarkan damai? Datang menawarkan damai kepada orang yang telah berlaku arogan dan kasar dengan kita. Keberanian berdamai dengan orang yang membenci, membutuhkan kerendahan hati dan bukan kekerasan hati yang membatu.

GB. 126 : 2
Doa : (Tuhan, tolong saya untuk memiliki kerendahan hati agar dapat membangun damai dengan orang-orang yang membenci)

No Response to “MINGGU, 14 APRIL 2019 – Renungan Malam”

Comments are closed.

Event Yang Akan Datang

lihat semua event yang akan datang

Jumlah Pengunjung

Users online class errors:
  • Unable to record new visitor
  • Unable to delete visitors
August 2019
M T W T F S S
« Jul    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031