Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

MINGGU, 13 JANUARI 2019 – Renungan Malam

Sudah 408 kali dilihat

 

HARI MINGGU SESUDAH EPIFANIA

KJ. 58:1 -Berdoa

SEMANGAT MEMBERITAKAN FIRMAN TUHAN DENGAN KATA DAN BAHASA YANG JELAS

1 Korintus 14:6-9
Jadi saudara-saudara. jika aku datang kepadamu dan berkata-kata dengan bahasa roh, apakah gunanya itu bagimu, jika aku tidak menyampaikan kepadamu pernyataan Allah atau pengetahuan atau nubuat atau pengajaran?

Dalam pembacaan Alkitab malam ini, Paulus semakin mempertegas apa yang sudah dikatakan di ayat-ayat sebelumnya, bahwa karunia barbahasa roh bukanlah karunia yang paling utama. Untuk menegaskan hal itu ia mangajukan pertanyaan retoris kepada jemaat Korintus (ayat 6). Melalui pertanyaan retoris tersebut, Paulus sebenarnya mau menekankan bahwa bahasa roh yang digunakan dalam pertemuan jemaat dan ibadan menjadi tidak barguna, jika orang lain yang hadir dalam ibadah tersebut tidak mengerti artinya. Guna memperjelas hal itu, Paulus menggunakan analogi (kiasan) tentang alat musik (seruling, kecapi) dan nafiri. Ia mengatakan bahwa alat-alat musik dan nafiri menjadi tidak barguna, jika tidak mengeluarkan bunyi yang jelas.

Sejalan dengan itu, Ia mengingatkan bahwa karunia berbahasa roh yang digunakan dalam ibadah menjadi tidak berguna, jika dalam pertemuan ibadah tersebut tidak disampaikan pernyataan Allah, pengetahuan, nubuat, dan pengajaran. Paulus menekankan pentingnya semangat memberitakan Firman Tuhan dengan kata dan bahasa yang jelas dan dipahami agar Jemaat dibangun.

Malam ini, Firman Tuhan mengingatkan kepada kita tentang pentingnya membentakan Firman Allah dangan mengunakan kata dan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti. Secara khusus sebagai orangtua, mari kita merenung apakah kita telah memberita-
kan Firman Allah kepada anak-anak kita dengan menggunakan kata dan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti. Jika anak-anak kita mendengarkan, mengerti dan menghayati Firman Allah maka mereka akan mengenal dan mengasihi Kristus. Tidak hanya itu, kehidupan mereka berakar, bertumbuh dan berbuah di dalam Kristus.

KJ.432 : 1,2
Doa : (Ya, Tuhan pakailah diriku untuk menyampaikan karya keselamatan-Mu dengan kata dan bahasa yang jelas sehingga orang yang mendengarnya dikuatkan, bahkan dibangun dalam iman)

No Response to “MINGGU, 13 JANUARI 2019 – Renungan Malam”

Comments are closed.

Event Yang Akan Datang

lihat semua event yang akan datang

Jumlah Pengunjung

Users online class errors:
  • Unable to record new visitor
  • Unable to delete visitors
March 2021
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031