Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

KISAH GURU DAN MAHA GURU

Sudah 1158 kali dilihat

KISAH GURU DAN MAHA GURU

 

Di satu larut malam pintuku diketuk orang. Aku bertanya, “Siapa ?” Suara di luar lirih menjawab, ROMO !” Kuselidik, “ROMO  yang mana ?” Nyaris berbisik kudengar, “romo Habibi” ya Tuhan, itu Guruku ! Kubukakan pintu, dan beliau pun masuk dengan langkah berjingkat, kusilakan duduk, maka beliau menempah hati-hati agar kursi tak berderit. Kutanya, “Ada urusan sangat pentingkah sehingga engkau duhai Guru, berkenan mengunjungiku di malam selarut ini ?” Beliau tersenyum.

“Maafkan aku muridku” ujar beliau lembut dan pelan, “Aku terkenang bahwa kau biasa masih terjaga meneliti ayat suci di waktu semacam ini. Kuberanikan untuk datang karena ada yang mengganjal di hatiku sejak siang tadi” Aku terperangah, “Apakah hal itu tentang diriku ?” Beliau mengangguk.

“Jangan ragu” ujarku. “Sampaikanlah wahai Guru, ini aku mendengarkanmu”
“Maaf ya ” ujar beliau, “Tadi siang kulihat engkau sedang mengajar murid-muridmu.

Kau bacakan ayat-ayat suci untuk mereka catat. Kala itu mereka tersengat terik mentari, sedangkan dirimu teduh ternaungi bayangan pepohonan. Lain kali janganlah begitu, duduklah dalam keadaan yang sama, sebagaimana muridmu duduk”

Aku tercekat, tak sanggup menjawab. Lalu beliau berbisik lagi, pamit undur diri. Kemudian melangkah berjingkat, menutup pintu hati-hati. puji Tuhan, inilah Guruku yang mulia romo Habibi. Akhlak indahnya sangat terjaga dalam memberi nasihat dan meluruskan alpaku. Beliau bisa saja menegurku di depan para murid, toh Beliau Guruku yang berhak untuk itu. Tetapi tak dilakukannya demi menjaga wibawaku. Beliau bisa saja datang sore, yang mudah baginya. Itu pun tak dilakukannya, demi menjaga rahasia nasihatnya.

Beliau sangat hafal kebiasaanku terjaga di larut malam. Beliau datang mengendap dan berjingkat; bicaranya lembut dan nyaris berbisik. Semua beliau lakukan agar keluargaku tak tahu; agar aku yang adalah ayah dan suami tetap terjaga sebagai imam dan teladan di hati mereka. Maka terimakasih Guruku sang pemberi nasihat, yang adab tingginya dalam menasehati menjadikan hatiku menerima teguran dengan tulus dan cinta.

Mazmur 16: 7, Tuhan memberi nasihat pada waktu malam, pada waktu kesendirian. Itulah nasihat yang mulia agar mereka yang dinasihati memiliki adab yang agung. Mengabaikan nasihat-Nya adalah mengabaikan kehidupan. Dengarlah nasihat Tuhan diwaktu malam

 

romo : seorang bapak, Habibie: yang tersayang (bhs. arab)

The great escape.

No Response to “KISAH GURU DAN MAHA GURU”

Comments are closed.

Event Yang Akan Datang

lihat semua event yang akan datang

Jumlah Pengunjung

Users online class errors:
  • Unable to record new visitor
  • Unable to delete visitors
May 2021
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31