Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

Kamis, 9 Maret 2017 – Renungan Pagi

Sudah 691 kali dilihat

MINGGU VI PRAPASKAH
KAMIS, 9 MARET 2017
Renungan Pagi
KJ.39 :1-Berdoa
AIR KEHIDUPAN

Yohanes 4:1-15
tetapi barangsiapa minum air yang akan Ku-berikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Ku-berikan… terus-menerus memancar sampai pada hidup yang kekal.” (ay.14)

Tubuh manusia terdiri dari 80% air. Jika tubuh kekurangan air maka tubuh akan mengalami dehidrasi dan berbahaya bagi tubuh. Air menjadi kebutuhan manusia yang sangat penting; untuk minum, memasak, mencuci, dsb.. Jika kebutuhan air tidak terpenuhi, maka kehidupan manusia juga mengalami gangguan.

Dalam perjalanan Yesus kembali ke Galilea dari Yudea, Yesus harus melewati Samaria. Sesampai-Nya di kota Samaria tepatnya di Sikhar, Yesus beristirahat dan duduk di pinggir sumur Yakub (ay.3-4). Ketika Yesus sedang beristirahat, datanglah perempuan Samaria yang hendak menimba air dan Yesus meminta diberikan minum kepadanya. Maka terjadilah percakapan antara Yesus dan perempuan Samaria tersebut berkenaan dengan “air hidup” yang Yesus tawarkan. Ada tiga hal menarik dalam bacaan pagi ini yakni pertama, kebiasaan saat itu orang Yahudi tidak bergaul dengan orang Samaria, tetapi Yesus justru berkata kepada (perempuan) orang Samaria.

Percakapan ini membuka dan menciptakan komunikasi antara Yahudi dan Samaria. Kedua, Yesus memohon agar diberikan minum. Permohonan Yesus ini menunjukkan kebutuhan dasar akan air dimana Yesus merasakan keletihan dalam perjalanannya. Atau dengan perkataan lain setiap manusia membutuhkan sesuatu yang mendasar yang harus dipenuhi. Ketiga, kesaksian Yesus atas diri-Nya atas makna “air hidup”. Air hidup yang menghidupkan hidup manusia karena ada kuasa Allah yang masuk dalam diri manusia sehingga memancarkan kehidupan dari dalamnya. …”tetapi barang siapa minum air yang akan Ku-berikan kepadanya… menjadi mata air dalam dirinya… terus menerus akan memancar sampai kepada hidup yang kekai.” (ay.14).

Sesungguhnya tiga hal diatas menjadi bagian kehidupan kita saat ini. Ada kebutuhan dasar yang kita butuhkan yakni membuka jalinan interasi dan komunikasi antar sesama tanpa terkecuali dengan pancaran nyata sikap dan perilaku yang mengasihi yang terpancar selalu dari dalam diri. Nyatakanlah dan lakukanlah itu. Tuhan memberkati.

KJ. 39 :4
Doa : (Bapa, syukur atas “air hidup” yang Engkau berikan kepada kami)

No Response to “Kamis, 9 Maret 2017 – Renungan Pagi”

Comments are closed.

Event Yang Akan Datang

lihat semua event yang akan datang

Jumlah Pengunjung

Users online class errors:
  • Unable to record new visitor
  • Unable to delete visitors
May 2021
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31