Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

Kamis, 6 July 2017 – Renungan Pagi

Sudah 685 kali dilihat

MINGGU IV ses. PENTAKOSTA
KAMIS, 6 JULI 2017
Renungan Pagi
GB.347:1 -Berdoa
SADARKANLAH SAUDARAMU

Kisah Para Rasul 11:1-16
Rasul-rasul dan saudara-saudara di Yudea mendengar, bahwa bangsa-bangsa lain juga menerima firman Allah. (ay.1)

Masa kampanye pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI memperlihatkan adanya perpecahan di dalam kelompok yang sama. Ada orang Islam yang menganggap saudara-saudaranya menyalahi ajaran Islam dengan mendukung calon Gubernur yang bukan beragama lslam. Ada juga orang Kristen yang menganggap salah sikap orang Kristen lain yang mendukung pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur yang beragama Islam. Orang hanya melihat dan memilih orang lain dari berdasarkan ukuran agamanya saja.
Hal serupa juga dijumpai dalam kehidupan orang Kristen mula-mula. Banyak pengikut Kristus mula-mula adalah orang Yahudi yang masih berpegang kuat pada tradisi Yahudi. Mereka cenderung menilai orang lain memakai ukuran Hukum Taurat, misalnya soal sunat. Kalau seseorang tidak bersunat, dia bukan bagian dari kelompok Yahudi (ay.3).

Bagi orang Kristen saat ini, kita akan menyambut dengan gembira orang yang menjadi pengikut Kristus, meskipun latar belakang mereka berbeda dengan kita. Tetapi tidak demikian dengan semua orang Kristen mula-mula saat itu. Rasul-rasul dan saudara-saudara di Yudea mungkin senang mendengar, bahwa bangsa-bangsa lain juga menerima Firman Allah (ay.1), tetapi ada kelompok orang bersunat yang tidak suka ketika tahu bahwa Petrus masuk ke rumah mereka dan makan dengan mereka (ay.3). Karena itu mereka menyalahkan sikap Petrus dan berselisih dengannya. Tetapi Petrus dengan tenang menjelaskan dan meyakinkan mereka. Petrus berusaha menunjukkan bahwa ini bukan kehendak dia melainkan kehendak Allah (ay.4-16).

Tidak mudah bagi Petrus, tetapi dia memang harus menyadarkan saudara-saudaranya untuk bisa menerima orang dari luar kelompok mereka. Kita pun punya tanggung jawab yang sama untuk selalu mengingatkan saudara kita dan juga gereja untuk mau terbuka dan melayani orang di luar lingkungan gereja, bahkan yang berbeda agama dengan kita. Allah ingin agar kita bisa bersekutu dan saling menerima satu dengan yang lain, walaupun kita berbeda.

GB.347:2
Doa : (Ya Tuhan, mampukan kami untuk menolong saudara-saudara kami untuk melihat bahwa Engkau menci_ntai semua manusia)

No Response to “Kamis, 6 July 2017 – Renungan Pagi”

Comments are closed.

Event Yang Akan Datang

lihat semua event yang akan datang

Jumlah Pengunjung

Users online class errors:
  • Unable to record new visitor
  • Unable to delete visitors
February 2021
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728