Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

Kamis, 20 April 2017 – Renungan Pagi

Sudah 572 kali dilihat

MINGGU PASKAH
KAMIS, 20 APRIL 2017
Renungan Pagi
KJ.207:1 -Berdoa
RASA BERSALAH

Imamat 4:27-35
Jikalau yang berbuat dosa dengan tak sengaia itu seorang dari rakyat ielata, dan ia melalukan salah satu hal yang dilarang TUHAN, sehinggi ia bersalah, (ay.27)

Apakah saudara merasa bersalah pada hari ini atau pada hari-hari yang sudah berlalu? Rasa bersalah tersebut mengakibatkan kehidupan kita menjadi tidak teratur? Rasa bersalah tentu saja dapat terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari hal tersebut disebabkan karena kita tidak melakukan sesuatu yang seharusnya, seperti telah berbicara menyinggung perasaan orang lain, telah marah secara berlebihan, terlalu curiga, telah mencemaskan sesuatu yang tidak terjadi dan lain-lain.

Rasa bersalah adalah sebuah perasaan yang tidak merasa bahagia, tidak merasa ada damai dan tidak tentram. Para ahli psikologi berpendapat bahwa perasaan bersalah itu muncul karena kegagalan untuk mencapai standar-standar perilaku yang telah kita tetapkan sendiri. Misalnya ketika kita telah mengecewakan atau menyakiti hati seseorang, itu merupakan suatu perilaku yang buruk atau dosa. Untuk itu dari pengertian ini, rasa bersalah dipandang hanya sebatas hubungan manusia dengan manusia saja. Padahal didalam kekristenan, manusia juga memiliki rasa bersalah kepada Tuhan.

Namun hal tersebut selalu disepelehkan. Misalnya ketika kita menjauh dari Tuhan, dengan tidak datang lagi kedalam persekutuan (ibadah), selalu kita tidak merasa bersalah, bahkan malah menyalahkan persekutuan (ibadah) tersebut.

Sebagai umat-Nya, kita diajarkan agar selalu sadar akan kesalahan”-kesalahan yang kita perbuat. Sama halnya dengan bangsa Israel dalam imamat 4:27-35, ketika salah satu pribadi dalam bangsa Israel berbuat kesalahan, pribadi tersebut harus sadar akan kesalahannya, ia harus segera mungkin memper-
baiki kesalahannya dihadapan Tuhan dengan memberikan korban kepada Tuhan. Sama halnya kita sebagai umat-Nya, ketika kita bersalah kepada Tuhan, sadar akan kesalahan kita, dan kemudian hidup didalam Tuhan, itu merupakan solusi yang tepat untuk kita lakukan sebagai umat yang telah la selamatkan.

KJ.207:4
Doa : (Tuhan, kami pribadi yang tidak lepas dari kesalahan, untuk itu kami mau mengakui kesalahan kami hanya kepada Engkau saja Tuhan kami)

No Response to “Kamis, 20 April 2017 – Renungan Pagi”

Comments are closed.

Event Yang Akan Datang

lihat semua event yang akan datang

Jumlah Pengunjung

Users online class errors:
  • Unable to record new visitor
  • Unable to delete visitors
February 2021
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728