Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

Kamis, 1 Juni 2017 – Renungan Pagi

Sudah 715 kali dilihat

MINGGU PEMULIAAN
KAMIS, 1 JUNI 2017
GB.229a : 1,2,4 -Berdoa
HIDUP DALAM KEBENARAN

Yohanes 14:15-17
Aku akan minta kepada Bapa, dan la akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya la menyertai kamu selama-lamanya (ay.16)

Bagaimana hidup dalam Roh Kebenaran itu? Ada orang berpandangan bahwa untuk sempurnanya keselamatan, maka ia perlu secara rutin melaksanakan ritual ibadahnya dengan mengasingkan diri di kamar tertutup atau tempat-tempat tertentu guna mendapatkan karunia Roh yang menyucikan hidupnya. Praktek askese (bertapa) seperti ini sama nilainya dengan para pengkhotbah di mimbar dengan tubuh bergetar yang memerlihatkan kepada Jemaat bahwa ia sedang “kesurupan” (kemasukkan) Roh Kudus.

Tentu saja ini tidak sesuai kesaksian Alkitab tentang hakekat dan cara kerja Roh Kebenaran yang dijanjikan Yesus bagi kita. Roh Kudus tidak berdiri sendiri dalam mengerjakan keselamatan Allah bagi kita; Ia menunjuk pada karya Yesus. Roh Kudus (YUN, Parakletos) adalah “Penolong yang lain” yaitu pribadi lain selain Dia yang murid-murid miliki. “Penolong lain” yang dijanjikan kedatanganNya itu akan mengambil tempat Yesus setelah Yesus pergi dari antara para murid (16:7).

Sebagai Penolong, Ia tidak melakukan apapun, selain apa yang telah Yesus kerjakan; Ia meneruskan dan memajukan pekerjaan Yesus sampai Yesus datang kembali. Dialah Roh Kebenaran yang memimpin dan menguatkan para murid untuk memahami maksud dan kehendak Allah melalui firman-Nya. Roh Kebenaran ini berbeda, bahkan ditolak oleh roh dunia dan roh-roh yang berdiam dialam semesta ini – merasa sebagai penghuni dan pemilik alam yang bertindak secara individual maupun komunal. Selain membawa seseorang untuk mengenal pribadi Yesus; Roh Kebenaran memiliki kesatuan yang tak terpisahkan dengan Bapa sebagai perwujudan hubungan Bapa dengan Yesus (10: 30;20). la selalu menjaga serta memelihara gereja dekat dengan Allah sekaligus membedakannya dari dunia.

Hidup dalam Roh Kebenaran selalu mendorong kita untuk memahami dan melaksanakan kehendak Allah sesuai firman-Nya. Dengan cara demikian, kita dapat menjalankan hidup kekristenan secara benar memberi kesaksian tentang Kristus, TU HAN kita di dunia. Roh Kudus melalui firman-Nya menyertai kita dalam karya dan pengabdian.

GB.192 :1, 2, 3.
Doa : (Ya TUHAN, tolonglah kami dengan kuasa Roh Kudus untuk memahami dan melaksanakan kehendak-Mu dalam hidup beriman kami sehari-hari)

No Response to “Kamis, 1 Juni 2017 – Renungan Pagi”

Comments are closed.

Event Yang Akan Datang

lihat semua event yang akan datang

Jumlah Pengunjung

Users online class errors:
  • Unable to record new visitor
  • Unable to delete visitors
February 2021
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728