Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

Jumat, 5 Mei 2017 – Renungan Pagi

Sudah 751 kali dilihat

MINGGU II SESUDAH PASKAH
JUMAT, 5 MEI 2017
Renungan Pagi
♪KJ.63 : 1-Berdoa
TUHAN SELALU PANJANG SABAR DAN MENGASIHI

Imamat 26:27-42
Tetapi bila mereka mengakui kesalahan mereka dan kesalahan nenek moyang mereka, maka Aku akan mengingat perjanjian-Ku dengan Yakub; juga perjanjian dengan Ishak dan perjanjian-Ku dengan Abraham pun akan Kuingat dan negeri itu akan Kuingat juga (ay.40a dan 42).

Perikop ini seolah menggambarkan Tuhan membalas dendam kepada Israel yang berdosa, dimana semakin besar dosa dan pemberontakan Israel, semakin besar pembalasan dari Tuhan. Tetapi jika diperhatikan maka sesungguhnya hendak menyatakan bahwa Tuhan itu selalu panjang sabar. Ia memberikan kesempatan kepada umat-Nya untuk bertobat dari dosa supaya selalu diberkati. Dan kalaupun Tuhan menghukum karena dosa Israel, itu pun sesungguhnya Tuhan ingin Israel kembali kepada Tuhan dan melakukan kehendak dan ketetapan Tuhan.

Tentang hukuman yang ditimpakan kepada Israel, termasuk pembuangan negeri-negeri musuh, yaitu Babel, seharusnya membuat Israel rendah hati dan sadar bahwa mereka telah berdosa. Hukuman tersebut patut ditanggapi kerendahan hati dan kesediaan untuk mengakui dosa mereka seperti dosa yang juga dilakukan nenek moyang mereka yang berubah menjadi tidak setia kepada Allah. Sebab sesungguhnya Tuhan mengharapkan pertobatan dan perubahan hidup dari umat pilihan-Nya itu agar perjanjian-Nya kepada nenek moyang Israel, Abraham, Ishak dan Yakub berlangsung kekal.

Kita pun demikian. Dosa telah membuat kita menyimpang dari jalan Tuhan. Sering kali kita melakukan apa yang mendukakan hati Tuhan. Tetapi Tuhan tetap panjang sabar. Kalau pun kita dapati bahwa pengalaman pergulmulan hidup kita terjadi sebagai hukuman Tuhan bagi kita, sesungguhnya itu pun karena Tuhan sedang menyatakan kasih-Nya kepada kita. Dan semua itu menggambar-kan betapa Tuhan tidak pernah berubah. Ia tetap mengasihi kita dan Ia mengajarkan kita untuk dalam kerendahan hati mengakui salah dan bertobat, lalu berusaha untuk hidup benar di hadapan-Nya. Jadi kalau hidup kita baik-baik saja atau sebaliknya, kasih dan panjang sabar Tuhanlah yang sedang kita nikmati supaya kita belajar rendah hati, mengakui dosa dan bertobat lalu setia keapda Tuhan.

♪KJ.63:2
Doa:(Tolonglah kami ya Tuhan untuk selalu rendah hati dan sungguh-sungguh bertobat dan setia)

No Response to “Jumat, 5 Mei 2017 – Renungan Pagi”

Comments are closed.

Event Yang Akan Datang

lihat semua event yang akan datang

Jumlah Pengunjung

Users online class errors:
  • Unable to record new visitor
  • Unable to delete visitors
February 2021
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728