Ibadah Minggu Jam 06:00, 09:00, dan 18.00 WIB. Untuk Pos Ibadah Jam 07:00 WIB

- Tampilkan Lokasi Gereja

Jumat, 16 Juni 2017 – Renungan Pagi

Sudah 90 kali dilihat

MINGGU TRINITAS
JUMAT, 16 JUNI 2017
Renungan Pagi
KJ.466a : 1 ,2-Berdoa
HIDUP KUDUS DAN BENAR

1 Korintus 5:1-8
Karena itu marilah kita berpesta, bukan dengan ragi yang lama, bukan pula dengan ragi keburukan dan kejahatan, tetapi dengan roti yang tidak beragi, yaitu kemurnlan dan kebenaran (ay.8)

Bagi mereka yang suka memasak/membuat kue tentu tidak asing dengan ragi. Ragi adalah zat yang menyebabkan fermentasi, dan umumnya digunakan dalam industri makanan untuk membuat makanan dan minuman hasil fermentasi seperti acar, tempe, tape, roti, dan bir.

Dalam Alkitab, kata ragi memiliki arti yang berlawanan, dalam arti positif, ragi dipandang sebagai pemberi hidup dan dipergunakan Yesus dalam perumpamaan tentang ragi (Matius 13:33, Lukas 13:20-21). Namun ragi juga memiliki makna negatif, salah satunya seperti yang ada dalam bacaan kita hari ini yaitu perusak wujud dalam hal ini merusak hal yang baik dalam diri seseorang. Paulus dalam peringatan kerasnya kepada Jemaat Korintus mencela “tindakan pembiaran” yang diperlihatkan mereka terhadap praktek perzinahan yang terjadi di mana ada anggota jemaat yang hidup seperti suami-istri dengan ibu tirinya. Anggota Jemaat lainnya terlihat membiarkan bahkan bangga dengan fakta mereka adalah jemaat yang “berpandangan terbuka” sehingga orang-orang yang melakukan pel” zinahan dapat menjadi anggota yang terpandang dalam Jemaat.

Dalam perikop bacaan kita Paulus menegur mereka agar mereka bersikap tegas terhadap anggota yang mempratekkan perzinahan serta mengingatkan mereka untuk menjauhkan diri dari berbagai macam pergaulan yang tidak baik yang dapat merusak moral dari seluruh anggota persekutuan. Cara yang tepat adalah dengan mempraktekkan cara hidup yang berpegang pada kebenaran Firman Tuhan dan melahirkan gaya hidup yang murni, atau dengan bahasa Iain suci, bersih (kudus).

Saudaraku, hari baru akan kita jalani dengan segala tantangan tapi juga kesempatan. Belajar dari nasihat Paulus, mari jalani hidup hari ini dengan sebuah tekad melaksanakan semua tugas kita dengan benar sesuai kehendak Tuhan. Tuhan menyertaimu.

KJ. 466a:6
Doa : (Trimakasih Tuhan atas keselamatan yang Engkau berikan kepada kami, tolong kami untuk dapat meniaga kekudusan hidup kami dalam kerja dan karya setiap hari)

No Response to “Jumat, 16 Juni 2017 – Renungan Pagi”

Comments are closed.